Selasa, 01 Februari 2011

Paper Craft: Paper Model (Alat dan Bahan)

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE Postingan ini meneruskan postingan sebelumnya yaitu Paper Craft: Paper Model (Mencari Resensi).

Bagaimana, Anda sudah mendownload beberapa model kertas. Apa yang Anda telah buat? Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE Mainan? Action figure? Mobil keren? Robot? Pesawat? Atau bangunan?

Apapun model yang telah Anda unduh, saya yakin, itulah model yang ingin Anda buat, yang benar-benar Anda suka. Tetapi Anda kesusahan untuk merangkainya? Hal itu memang membutuhkan panduan. Anda tidak bisa hanya' memotong dan menyisipkan file model kertas yang Anda miliki. Yakinlah bahwa ini tidak akan sesulit yang dibayangkan.


Jika mereka bisa melakukannya, Anda juga pasti bisa juga!

Tapi untuk membaca beberapa tutorial, menemukan beberapa program, mencoba beberapa hal; pasti membuat beberapa kesalahan, dan membuang beberapa lembar kertas. Tapi Saya tidak ingin Anda melakukannya.

Frustasi, membuang waktu sia-sia, dan kertas yang terbuang karena kesalahan pemotongan. Belum lagi jari terluka hanya untuk belajar bagaimana merangkainya. Jadi saya menyarankan Anda mencetak contohnya terlebih dahulu di kertas HVS, karton manila, kertas karton duplek pun lebih baik. Jika Anda sudah terbiasa lipat-melipat dan merangkai model yang ada, Anda bisa mencetaknya di art paper maupun art carton minimal 230.

Ini bukan residen, dan jika Anda memiliki tips, tolong beritahu saya. Dan jika Anda tahu sesuatu yang saya tidak, mohon beritahu Saya. Saya akan posting di sini dan mudah-mudahan kita bisa membuat proses ini begitu sederhana. Siapa pun bisa melakukannya. Jadi mari, kita mulai!!


Sebelum memulai, alangkah baiknya kita memersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.
Dengan hanya bermodalkan sebuah gunting dan lem, kita sudah bisa membuat sebuah pepakura. Meskipun begitu, untuk mempermudah kerja dan menghasilkan pepakura yang bagus, beberapa alat tambahan berikut bisa dipakai:

  • Cutter Sebagian orang memilih memakai cutter sebagai alat pemotong karena hasilnya lebih rapi (dengan catatan kalau bisa makenya), yang jelas cutter lebih efektif daripada gunting untuk memotong part yang lurus dan panjang. Pakailah cutter yang berkualitas baik. Cirinya yaitu ujua
  • Penggaris Jika kalian perlu membuat lipatan yang cukup keras, gunakanlah alat ini. Penggaris besi sangat direkomendasikan namun penggaris dari bahan keras lainnya juga cukup bagus, kalian juga bisa memakai sudut meja atau benda yang keras dan bersiku lainnya sebagai alternatif.
  • Pinset. Pinset sangat membantu jika Anda harus menempelkan bagian-bagian yang kecil atau di saat Anda harus bekerja dengan sudut-sudut dan bagian yang sulit dijangkau. Pinset juga bisa dipakai untuk menjepit bagian yang baru dilem dan menahannya sampai kering dan tertempel dengan benar.
  • Tusuk gigi. Hampir sama dengan pinset, Anda bisa menggunakan alat ini untuk memoleskan lem di bagian-bagian yang sulit dijangkau. Anda juga bisa meruncingkan batang korek api atau lidi sebagai alternatif pengganti tusuk gigi. Pensil atau benda berbentuk silinder lainnya. Gunakan alat ini saat harus mengerjakan bagian yang harus dilipat secara melengkung atau menggulung sesuatu.
  • Sarung tangan. Kita bisa memakai sarung tangan saat membuat pepakura untuk menghindari supaya keringat dari telapak tangan tidak mengenai pola dan melunturkan warna di kertas.
  • Kipas angin atau hairdryer Sangat membantu jika kalian ingin mengeringkan lem pada kertas dengan cepat.


Catatan:
Saya sarankan Anda untuk memulainya dengan bentuk yang sederhana sebelum merangkai bentuk yang lebih kompleks. Hal ini berguna untuk melatih dan mengkondisikan tangan untuk melipat dan merangkai model. Dan untuk permulaan, jangan lupa, cetaklah terlebih dahulu pada kertas karton manila maupun karton duplek. Karena bisa mengurangi pemborosan biaya cetak akibat kesalahan menggunting. Terimakasih.






Mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya, Paper Craft: Paper Model (Make Your Own Craft!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar