Selasa, 01 Februari 2011

Paper Craft: Paper Model (Mencari Resensi)

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE Kamar Anda ingin dihiasi barang-barang yang indah dan bernilai seni seperti action figure maupun replika mobil atau motor keren buatan pabrik? Atau bahkan ingin menyulap kamar Anda menjadi 'kamar imajinasi' Anda?

Untuk melaksanakan keinginan Anda tersebut, sudah tentu memerlukan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Tidak masalah bagi Anda yang punya uang lebih. Tetapi bagaimana dengan Anda yang punya keinginan untuk mengoleksinya, namun apa daya uang tak berlebih. Seperti saya ini.

Saya punya solusi bagi Anda. Mengapa Anda tidak mencoba membuat model action figure yang Anda inginkan dengan bahan yang murah dan mudah di dapat, kertas? Model kertas ini biasa disebut paper model. Maka izinkanlah saya membagi ilmu yang saya punya ini kepada Anda.


Paper Model (model dari kertas) merupakan salah bentuk dari kerajinan dari kertas (paper craft) yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Paper model pada umumnya berbentuk objek-objek yang dapat kita jumpai di kehidupan nyata, seperti bangunan, kendaraan, dan aksesoris bahkan orang (manusia). Namun ada juga paper model yang terinspirasi dari cerita-cerita fiksi maupun kisah nyata yang difilmkan.



Saya sangat tertarik dengan perkembangan paper model yang semakin kesini, semakin mendekati wujud aslinya. Dulu orang membuat paper model dari salah satu bentuk yang paling sederhana, yaitu kubus dan balok dan masih menggunakan warna-warna sederhana (statis). Tapi kini, bisa kita jumpai bentuk-bentuk yang lebih detail dan kompleks lagi dari sebuah objek yang ingin digambarkan lewat paper model, baik itu akibat dari bentuk konstruksinya maupun sekedar efek dari warna-warna yang lebih dinamis.








Saya pun gooling kesana-sini dengan keyword yang berbeda. Selain googling, saya cari inspirasi dari sebuah majalah yang membahas desain karakter. Saya menemukan banyak sekali contoh model paper model dari beberapa desainer yang terkenal. Setiap desainer memiliki ciri khas masing-masing. Tapi sayangnya, tidak ada temaut sudah cukup dinamis dan tidak monoton itu yang bisa saya lihat.










Saya semakin penasaran setelah membeli beberapa edisi majalah tersebut di salah satu cabang Depok dari toko buku ternama. Maka dari itu, saya pun akhirnya googling gambar dengan kata kunci keyword) "PAPER CRAFT". Dan breeeeeeeeeeeeettttt! Gambar-gambar paper craft memenuhi area browser saya. Mulai dari yang sudah jadi, sampai yang masih berupa template (bentuk dasar atau konstruksi) bisa saya lihat. Kebanyakan dari gambar-gambar yang saya temukan masih berkonstruksi jaring-jaring balok.

Saya mengunduh beberapa yang saya anggap keren untuk saya pelajari secara mendalam lagi.

Saya pun juga mencari gambar dengan kata kunci: "PAPER MODEL". Dan lagi-lagi... gambar-gambar paper model pun memenuhi layar browser saya.

Tak puas dengan hanya googling image, googling pun saya lakukan untuk mencari referensi di web terkenal. Seperti Deviantart, Paper-Replika,dan Canon Creative Park. Ketiga
web ini sangat berguna bagi saya untuk memelajari tentang bentuk paper model, baik hanya sebatas sumber inspirasi maupun contoh desain layoutnya.

Baiklah, sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, silahkan Anda mengunduh beberapa gambar yang Anda anggap cukup menarik.


Baiklah kalau begitu, tanpa buang-buang waktu lagi, mari kita beranjak ke tahap berikutnya. Tahap 2: Desain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar